Tetap Fit Di Sela Seabreg Kesibukan Sebagai Ibu

Halo pembaca yang budiman. Apa kabar? Semoga anda semua dalam keadaan sehat.

Mommy Rika

Saya Rika, seorang Ibu rumah tangga dengan dua anak yang masih kecil.

Menjadi seorang Ibu adalah berkah yang tak ternilai.

Entah sebagai Working-Mom atau Stay-At- Home-Mom, kita sepakat ya Mommies bahwa menjadi Ibu itu meskipun sangat rewarding tetapi juga sangat melelahkan.

Jika kita ibaratkan sebuah pekerjaan, maka menjadi Ibu adalah pekerjaan full-time yang paling panjang waktunya dan paling banyak job descriptionnya diantara semua jenis pekerjaan yang pernah ada.

Apalagi jika Mommies sama seperti saya, Ibu dari anak-anak yang masih kecil. Capeknya “no play-play”; bukan main 🙂

Masa ketika anak masih kecil memang paling menguji kekuatan fisik kita.

Semakin muda usia anak kita, semakin mereka tergantung pada kita karena belum bisa melakukan segala seauatunya sendiri, sehingga makin capek kita sebagai orangtua.

Saya ingat beberapa bulan pertama kehidupan Neina – putri pertama saya, rasanya bagaikan masa “probation” bagi saya menjadi first-time-mom.

Masa yang sulit karena harus beradaptasi dengan segala sesuatu yang masih baru dan asing, seperti menyusui, mengganti nappy, memandikan bayi, memastikan ia kenyang dan cukup tidur, dan lain sebagainya.

Hampir tiap malam saya dan suami lembur begadang sehingga waktu tidur pun berantakan.

Saat akhirnya Neina mulai tidur nyenyak sepanjang malam, ya ampun, tak terkira senangnya karena waktu tidur saya pun pelan-pelan kembali normal.

Kini enam tahun kemudian, Neina sudah memasuki usia sekolah.

Tantangan yang saya hadapi sudah berbeda dengan ketika ia masih bayi, namun kesibukan sebagai Ibu tak pernah surut.

Di tambah lagi sekarang ada putri kedua kami yang masih batita 🙂

Usianya baru satu tahun dan sedang aktif-aktifnya berjalan kesana-kemari, menggapai ini-itu, mengacak-acak barang-barang.

Saya harus extra perhatian menjaganya.

Tak berhenti mengurus anak, pekerjaan rumah tangga pun juga menjadi ranah kerja saya sebab kami tak punya ART (Asisten Rumah Tangga).

Untungnya suami membantu meringankan tugas, meski tetap saja pekerjaan mengurus anak dan rumah serasa tak ada habisnya.

Untuk itulah, Mommies, kesehatan tubuh dan kewarasan mental sudah selayaknya menjadi prioritas agar dapat menjalankan tugas berat kita sebagai Ibu.

Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita sebagai seorang Ibu, terutama dengan anak-anak yang masih kecil.

1) Pola Makan Sehat
Sering kita dengar ungkapan “we are what we eat”; kita adalah apa yang kita makan.

Artinya tubuh dan kesehatan kita bergantung dari apa yang kita masukkan ke dalam badan kita sehari-hari.

Mengutip dari laman Harvard Medical School, salah satu triknya adalah dengan membuat piringmu ‘seberwarna” mungkin dengan aneka sayur dan buah- buahan.

Fitronutrien, atau senyawa alami yang dihasilkan oleh tumbuhan dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita dan mencegah berbagai penyakit.

Hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan berproses dan cepat saji.

Tentu saja dengan banyaknya godaan kuliner di luar sana dan sempitnya waktu yang kita miliki, tantangan untuk makan sehat menjadi cukup sulit.

Saya sendiri masih harus banyak berlatih membangun kebiasaan sehat ini.

2) Olahraga teratur

Selain mengonsumsi makanan sehat, tubuh yang prima juga harus kita usahakan dengan rutin berolahraga.

Berbagai manfaat dari olahraga yang dapat kita rasakan diantaranya adalah melancarkan peredaran darah, memperbaiki metabolisme tubuh, membuat pikiran rileks serta mengembalikan good-mood.

Dengan berolahraga, kita juga telah memberikan contoh yang baik bagi anak kita.

Aulora Pants jogger

Meski waktu kita terbatas karena padatnya kesibukan sehari-hari, idealnya ada waktu tertentu yang kita jadwalkan untuk berolahraga.

Tak harus menjadi member di gym atau studio yoga tertentu, kita masih tetap bisa berolahraga kok meski hanya di sekitaran rumah saja.

Beberapa olahraga yang mudah dilakukan diantaranya berjalan kaki di sekitar kompleks rumah, stretching, dance sambil mencontoh gerakan di Youtube, atau mungkin sesekali ajak si kecil berenang, dijamin mereka pasti senang.

Membuat rencana olahraga memang terlihat mudah, namun konsisten melakukannya tentu butuh komitmen dan usaha yang terus-menerus.

3) Waktu Tidur yang Cukup

Tidur cukup adalah salah satu elemen penting dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan tidur yang cukup tubuh kita memiliki waktu yang optimal untuk membangun dan mereparasi kembali sel-sel yang rusak sehingga badan lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Namun demikian, kesibukan kita sebagai Ibu terkadang membuat waktu tidur kita tak cukup.

Belum lagi kecenderungan kita sebagai wanita untuk overthinking, dapat mengganggu ketenangan pikiran dan menyebabkan tidur menjadi kurang berkualitas.

Agar mendapatkan manfaat dari pola tidur yang baik, beberapa tips dari telemed.ihc.id ini mungkin bisa Mommies terapkan, diantaranya menetapkan jadwal tidur yang konsisten, hindari konsumsi kafein sebelum tidur, dan upayakan untuk merilekskan pikiran dengan meditasi atau mengolah pernafasan.

4) Kelola Stres Dengan Baik

Salah satunya dengan meluangkan waktu untuk me-time.

Lakukan hal-hal yang Mommies sukai untuk mengurangi tekanan stres yang rentan dialami oleh Ibu muda.

Hati yang gembira karena melakukan sesuatu yang kita sukai bisa menjadi obat, sebab ia memicu hormon-hormon bahagia yaitu dopamin, endorfin, dan serotonin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan kita dari dampak buruk stres.

Tak perlu menunggu waktu yang sempurna atau sesuatu yang “wah” seperti rileksasi ke day spa untuk melakukan me-time.

Hal-hal sederhana seperti mendengarkan guided meditation dari Youtube di pagi hari, journalling, menggambar, atau berdoa pun bisa menjadi sarana kita untuk me-time.

Yang terpenting kita mempunyai waktu untuk diri sendiri, melakukan hal yang kita sukai tanpa diganggu oleh anak ataupun suami.

5) Miliki Support System

“It takes a village to raise a child”, kata pepatah dari Afrika.

Artinya untuk membesarkan anak agar dapat tumbuh sehat, kuat dan bahagia, bukan hanya butuh usaha dari orangtuanya, namun juga didukung lingkungan yang suportif dan peranan dari orang-orang di sekitar kita.

Beruntung jika Mommies memiliki ART sehingga Mommies dapat memiliki waktu lebih banyak untuk fokus mengurus anak.

Namun bagaimana jika kita tidak punya ART untuk membantu mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah?

Pilihannya kita bisa meminta bantuan pada keluarga atau teman terdekat untuk hal-hal yang sekiranya tidak membebani, misalkan menjaga anak selama beberapa jam saat kita ada keperluan di luar rumah.

Jika Mommies seperti saya yang tinggal jauh dari keluarga, pastikan meminta bantuan pada teman dekat yang terpercaya atau baby sitter yang memiliki kualifikasi.

Selain dukungan dari orang-orang di sekitar, ada salah satu support system yang dapat memudahkan kita menjalani rutinitas kita sehari-hari, namanya Aulora Pants.

Aulora Pants Koleksi Eksklusif

Aulora Pants adalah legging kompresi buatan Jepang dengan teknologi Kodenshi.

Dengan bahan yang terbuat dari serat khusus yang sangat halus, legging ini dapat menyerap suhu tubuh pemakainya untuk kemudian dipancarkannya kembali ke tubuh sebagai sinar inframerah jauh (far infra-red).

Terapi sinar inframerah jauh ini sendiri sudah banyak digunakan dalam dunia kesehatan.

Beberapa manfaatnya adalah melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengoptimalkan kualitas tidur dan membantu tubuh menjadi lebih rileks.

Jika seabreg kesibukan kita sebagai Ibu membuat kita sulit menjaga pola makan sehat dan berolahraga teratur, Aulora Pants dapat menjadi salah satu alternatif usaha kita untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pakai Aulora Pants dalam aktivitas keseharian dan biarkan teknologi Kodenshi nya bekerja sebagai support system untuk tubuh kita.

Saya yang biasanya gampang merasa capek, mencoba menggunakan Aulora Pants sejak November 2023.

Alhamdulillah salah satu manfaat yang saya rasakan badan menjadi lebih bugar dan tidak gampang lelah saat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Tentu saja setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda sehingga hasil yang saya rasakan belum tentu sama dengan orang lain.

Saya memiliki teman yang berat badannya menjadi ideal setelah rajin menggunakan Aulora Pants.

Manfaat Aulora yang berbeda-beda ini dikarenakan ia bukanlah obat dari penyakit tertentu, melainkan membantu kita memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh.

Oleh karena itu, tubuh pun mencapai kondisi optimal melalui cara yang berbeda-beda tergantung keadaan yang terdapat dalam tubuh itu sendiri.

“You have to try it your- self to experience the difference.”

Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda.

Silahkan membaca disclaimer blog ini dengan saksama.

Jika Anda tertarik ingin mengetahui Aulora Pants lebih lanjut, anda bisa menghubungi kami melalui WA di bawah ini.

Klik sini untuk WhatsApp

By | 2024-01-25T09:59:55+08:00 January 22nd, 2024|Bahasa Indonesia|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment